Peluang Usaha Belut Goreng Kriuk

peluang usaha

User Rating: / 7
PoorBest 
Peluang Usaha Belut Goreng Kriuk - 5.0 out of 5 based on 7 votes

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

Peluang Usaha Belut Goreng Kriuk

Belut Goreng Kriuk

Peluang Usaha Belut Goreng Kriuk memiliki prospek usaha yang sangat baik sebab sangat di minati masyarakat. Belut goreng kriuk bisa di pasarkan di toko oleh oleh atau swalayan dan bisa juga membuat Warung Makan khusus menu belut goreng. Peluang Usaha Belut Goreng Kriuk sangat bagus bila di jual di dekat daerah wisata yang memiliki banyak turisnya karena para turis sangatlah menggemari masakan belut goreng. Penjualan secara online juga sangat menjanjikan karena belut goreng kriuk memiliki daya tahan yang lumayan lama.

 

Deskripsi Usaha Belut Goreng Kriuk

 

Bahan Baku Belut Goreng Kriuk

Bahan baku utama usaha ini adalah belut, selain itu tepung juga sangat berpengaruh terhadap kwalitas belut goreng kriuk. Carilah bahan baku dengan ukuran yang sedang dan sama, tepung yang di gunakan sebaiknya adalah tepung beras atau maizena.

 

Tempat Usaha Belut Goreng Kriuk

Tempat usaha yang cocok untuk usaha kecil belut goreng kriuk adalah di sekitar tempat wisata, bisa juga di depan minimarket atau bahkan di titipkan ke supermarket atau warung warung di sekitar tempat anda.

 

Perlengkapan Usaha Belut Goreng Kriuk

Perlengkapan usaha modal kecil belut goreng tidak terlalu banyak, cukup dengan peralatan memasak pada umumnya, beberapa buah baskom dan tentu saja sebuah etalase atau gerobak untuk tempat berjualan anda. berikut beberapa perlengkapan usaha yang mesti di miliki saat memulai membuka usaha belut goreng kriuk.

Perlengkapan Harga -Rp
Kompor dan tabung gas 300.000 - 400.000
Wajan besar dan sparula 150.000 - 200.000
Baskom besar 50.000 - 100.000
Gerobak atau etalase 1.500.000 - 2.000.000

 

Karyawan

Pada umumnya untuk usaha ini tidak di butuhkan seorang karyawan, anda dapat mengerjakan seluruh operasional usaha belut goreng kriuk ini. bila anda memutuskan untuk memasukan produk belut goreng kriuk ke warung warung maka anda harus menyiapkan seorang karyawan yang berperan sebagai pengantar produk anda.

 

Promosi dan pemasaran usaha Belut Goreng Kriuk

Anda dapat memasang spanduk besar untuk menandakan keberadaan usaha anda. Rasa yang enak merupakan promosi yang paling baik. Promosi di media online juga bisa anda lakukan, pasarkan lewat media social seperti Facebook dan twiter atau iklankan di media iklan dan direktori gratis seperti tokobagusdotcom, berniagadotcom atau bahkan membuat website tersendiri. Pastikan kemasan yang anda gunakan menarik dan mencerminkan belut goreng kriuk sebagai produk anda.

 

Harga Belut Goreng Kriuk

Harga penjualan Belut Goreng Kriuk Pada umumnya berkisar dari Rp 100.000 per kilogram, anda dapat membuat beberapa kemasan kecil seperti dengan berat 250 gram dan 500 gram. Walau begitu pastikan harga jual anda bersaing dengan penjual yang lain.

 

Resiko Usaha

Ketatnya persaingan merupakan resiko terbesar pada peluang usaha gorengan, biasanya ini berlaku bila anda membuka toko di tempat wisata dengan tujuan sebagai oleh oleh pengunjung. kreasikan belut goreng kriuk buatan anda dengan berbagai rasa yang berbeda. Sesuaikan juga harga jual dengan penjual lain di sekitar tempat jualan anda. bila anda berjualan online resiko mungkin pada cara transaksi dan waspadai penipuan.

 

Belut Goreng Kriuk

kursus

User Rating: / 5
PoorBest 
Belut Goreng Kriuk - 4.4 out of 5 based on 5 votes

Belut Goreng Kriuk

Resep Belut Goreng Kriuk

Belut disamping mengandung banyak unsur gizi yang baik untuk kesehatan seperti protein, kalori, zat besi, kalsium, serta vitamin A, B, dan C belut juga mempunyai rasa yang sangat gurih dan lezat jika di masak. Budidaya belut banyak di lakukan di Jawa Barat dan Bali.

Memasak belut memang sedikit merepotkan karena tubuh hewan ini mengandung lendir, jika tak dibersihkan dengan benar akan memengaruhi rasa masakan. Bila membeli belut hidup, taburi belut menggunakan garam. Sesudah mati taburi menggunakan abu gosok atau bisa juga dengan air jeruk supaya tidak licin dan mudah untuk dibersihkan isi perutnya. Setelah itu bilas dengan air hingga bersih.

Peluang Usaha Belut Goreng Kriuk memiliki prospek usaha yang amat baik karena amat di minati masyarakat. Belut goreng kriuk dapat di pasarkan di toko oleh oleh atau swalayan dan dapat juga membuat Rumah Makan spesial belut goreng. Peluang Usaha Belut Goreng Kriuk sangat bagus bila di pasarkan di dekat daerah wisata yang banyak turisnya sebab para turis amat menggemari masakan belut goreng.

Berikut resep belut goreng kriuk yang dapat anda jadikan makanan ringan maupun peluang usaha yang menggiurkan.

 

Resep Belut Goreng Kriuk

 

Bahan Belut Goreng Kriuk :

 

  • 750 gr belut
  • 225 gr tepung terigu
  • 75 gr tepung beras
  • 1 butir telur
  • 300 mili liter air

 

Bumbu Yang Dihaluskan:

 

  • 4 siung bawang putih
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt ketumbar
  • 3 butir kemiri

 

Cara Membersihkan Belut:

 

  • Taburi belut dengan garam, setelah mati taburi menggunakan abu gosok secukupnya, gosok perlahan sampai lendir hilang serta seluruh tubuh belut menjadi kesat.
  • Siram dengan air mengalir sampai abu gosok hilang.
  • Rendam belut yang sudah bersih dalam air yang dicampur air jeruk nipis selama 15 menit.
  • Potong - potong belut dengan bentuk persegi.

 

Cara Membuat Belut Goreng Kriuk:

 

  • Campurkan tepung terigu, tepung beras, telur serta bumbu yang dihaluskan, aduk sampai rata.
  • Tuangkan air sampai mencapai kekentalan yang Anda inginkan.
  • Masukan belut ke dalam adonan tepung kemudian goreng didalam minyak panas, gunakan api sedang saja.
  • Tunggu sampai tepung berubah warna kuning keemasan, angkat dan tiriskan.
  • Belut goreng kriuk siap di sajikan , biarkan dingin terlebih dahulu bila ingin di kemas menggunakan plastik kemasan.
   

Resep belut goreng

kursus

User Rating: / 7
PoorBest 
Resep belut goreng - 4.4 out of 5 based on 7 votes

Resep belut goreng

Resep Belut Goreng

Belut disamping mempunyai banyak unsur gizi yang bagus bagi kesehatan seperti protein, kalori, zat besi, kalsium, serta vitamin A, B, dan C . Belut juga memiliki rasa yang sangat gurih serta lezat bila di masak. Bila membeli belut hidup, taburi belut menggunakan garam. Sesudah mati taburi menggunakan abu gosok atau bisa juga dengan air jeruk supaya tidak licin dan mudah untuk dibersihkan isi perutnya. Setelah itu bilas dengan air hingga bersih. Berikut ini resep belut goreng yang bisa anda buat untuk teman makan anda sekeluarga.

Resep Belut Goreng

Bahan Resep Belut Goreng :

  1. 300 gr belut, dipotong 6 centi meter
  2. 1 sdt garam
  3. 1 sdt air jeruk nipis
  4. 250 mili liter air
  5. Minyak untuk menggoreng

 

Bumbu Yang Dihaluskan :

  1. 7 siung bawang putih
  2. 1 sdt ketumbar
  3. 1 sdt merica
  4. 2 sdt garam
  5. 5 butir kemiri, disangrai
  6. 1/2 sdt gula pasir

 

Cara membuat belut goreng :

 

  1. Bersihkan belut. Lumuri menggunakan garam dan air jeruk hingga lendirnya hilang. Lalu cuci bersih.
  2. Belah perut belut sampai menjadi lebar. Lalu cuci bersih.
  3. Aduk rata seluruh bumbu halus dengan air. Rendam belut didalam larutan bumbu. Diamkan selama 15 menit sampai bumbu menyerap.
  4. Panaskan minyak goreng. Goreng hingga matang.
  5. Belut goreng siap di sajikan untuk keluarga tercinta anda.

 

 

Untuk 30 potong

   

Budidaya Belut

Budidaya Ternak

User Rating: / 4
PoorBest 
Budidaya Belut - 4.5 out of 5 based on 4 votes

Budidaya Belut ( Synbranchus )

Budidaya Belut

Belut adalah jenis ikan konsumsi air tawar dengan bentuk tubuh bulat memanjang yang hanya memiliki sirip punggung serta tubuhnya licin. Belut menyukai anak - anak katak dan ikan yang masih kecil. Belut suka di temui di sawah - sawah, di rawa - rawadan di kali - kali kecil berlumpur. Belut mulai di kenal sejak tahun 1979 di Indonesia, sampai saat ini belut sudah dibudidayakan serta menjadi salah satu komoditas ekspor.

 

1.Pusat Budidaya Belut

Pusat budidaya belut Internasional terpusat di Malaysia, Hongkong, Jepang, Perancis dan Taiwan. Sedangkan  pusat budidaya belut di Indonesia berada di daerah Yogyakarta dan di daerah Jawa Barat. Sedangkan di daerah lainnya baru menjadi tempat penampungan belut hasil tangkapan dari alam atau sebagai pos penampungan.

 

2.Jenis Belut

Klasifikasi belut sebagai berikut ini :

  • Kelas : Pisces
  • Subkelas : Teleostei
  • Ordo : Synbranchoidae
  • Famili : Synbranchidae
  • Genus : Synbranchus
  • Species : Synbranchus bengalensis Mc clell (belut rawa), Monopterus albus Zuieuw (belut sawah), Macrotema caligans Cant ( belut sungai atau laut )

Jadi jenis belut yang di kenal ada 3 macam yaitu belut rawa, belut sawah dan belut sungai atau laut. Tapi belut yang sering kita jumpai adalah jenis belut sawah.

 

3.Manfaat Belut

Manfaat dari belut diantaranya:

  • Sebagai penyediaan sumber protein hewani.
  • Sebagai pemenuhan kebutuhan sehari-hari seperti makanan belut goreng kriuk.
  • Sebagai obat penambah darah.

 

4. Lokasi Budidaya Belut

Menurut klimatologis belut tidak memerlukan kondisi iklim serta geografis yang spesifik. Begitu juga dengan  ketinggian tempat, kelembabab dan curah hujan. Kualitas air untuk pemeliharaan belut harus bersih, tidak terlalu keruh dan tidak terkontaminasi bahan-bahan kimia beracun, minyak dan limbah pabrik. Begitu juga dengan tanah dasar kolam tidak beracun atau tercemar.Suhu udara atau temperatur optimal bagi pertumbuhan belut yaitu berkisar antara 25-31 derajat celcius. Prinsipnya kondisi perairan adalah air bersih dan kaya oleh oksigen terutama untuk bibit atau benih yang masih kecil yakni ukuran 1-2 centi meter. Sedangkan untuk belut dewasa tidak memilih kualitas air serta mampu hidup di air yang keruh.

5. Pedoman Teknis Budidaya Belut

 

Penyiapan Kolam dan Peralatan

Kolam budidaya ikan belut mesti dibedakan antara lain:

  • Kolam induk atau kolam pemijahan kapasitasnya 6 ekor/m2
  • Kolam pendederan bagi benih belut berukuran 1-2 centi meter daya tampungnya 500 ekor/m2
  • Kolam belut remaja untuk belut ukuran 3-5 centi meter daya tampungnya 250 ekor/m2
  • Kolam pemeliharaan belut konsumsi yang terbagi menjadi 2 tahapan yang masing-masing dibutuhkan waktu 2 bulan yaitu : Bagi pemeliharaan belut ukuran 5-8 centi meter hingga menjadi ukuran 15-20 centi meter daya tampungnya 100 ekor/m2 dan bagi belut dengan ukuran 15-20 centi meter hingga menjadi ukuran 30-40 centi meter daya tampungnya 50 ekor/m2 , hingga panjang belut pemanenan kelak berukuran 30-50 centi meter.

Bangunan jenis - jenis kolam belut pada umumnya hampir sama hanya dibedakan dengan ukuran, kapasitas serta daya tampung belut itu sendiri. Pembuatan kolam belut dengan bahan bak dinding tembok atau disemen dan dasar bak tidak perlu diplester.

Peralatan lain berupa media dasar kolam, sumber air yang selalu ada, alat penangkapan yang diperlukan, ember plastik dan peralatan-peralatan lainnya. Bagian dasar kolam tersusun dari bahan-bahan organik seperti pupuk kandang, sekam padi serta jerami padi.  Kolam yang masih kosong untuk lapisan pertama diberi sekam padi setebal 10 centi meter, diatasnya ditimbun menggunakan pupuk kandang setebal 10 centi meter, lalu diatasnya lagi ditimbun menggunakan ikatan-ikatan merang atau jerami kering. Sesudah tumpukan-tumpukan bahan organik selesai dibuat dengan tebal seluruhnya sekitar 30 centi meter, setelah itu air dialirkan kedalam kolam secara perlahan-lahan hingga setinggi 50 centi meter (bahan organik dan air). Dengan begitu media dasar kolam sudah selesai, diamkan media itu beberapa saat supaya menjadi lumpur sawah. Sesudah itu belut-belut diluncurkan ke dalam kolam.

 

Penyiapan Bibit

Menyiapkan Bibit

Anakan belut yang sudah siap dipelihara secara intensif adalah yang sudah berukuran 5-8 centi meter. Di pelihara selama 4 bulan dalam 2 tahapan dengan masing-masing tahapannya selama 2 bulan. Bibit dapat diperoleh dari kolam pembibitan atau dapat pula diperoleh dari sarang-sarang bibit yang ada di alam. Pemilihan bibit dapat diperoleh dari kolam peternakan atau pemijahan.

Biasanya belut yang dipijahkan adalah  belut betina berukuran ± 30 centi meter dan belut jantan berukuran ± 40 centi meter. Pemijahan dilakukan di kolam pemijahan dengan kapasitas satu ekor pejantan dengan dua ekor betina untuk kolam seluas 1 m2 . Waktu pemijahan berlangsung sekitar 10 hari barulah telur-telur belut menetas. Sesudah menetas umur 5-8 hari dengan ukuran anak belut berkisar 1,5–2,5 centi meter. Pada ukuran ini belut segera diambil untuk ditempatkan di kolam pendederan calon benih atau calon bibit selama ± 1 bulan hingga anakan belut tersebut berukuran 5-8 centi meter. Pada ukuran ini anak belut sudah dapat diperlihara dalam kolam belut untuk konsumsi selama 2 X 2 bulan atau total 4 bulan.

 

Perlakuan serta Perawatan Bibit

Dari hasil pemijahan anakan belut ditampung di kolam pendederan calon benih selama 1 bulan. Pada hal ini benih mesti diperlakukan dengan secermat mungkin supaya tidak banyak yang hilang. Dengan perairan yang bersih dan lebih baik lagi apabila di air yang mengalir.

 

Pemeliharaan Pembesaran

Pemupukan

Jerami yang telah lapuk dibutuhkan agar membentuk pelumpuran yang subur serta pupuk kandang juga dibutuhkan sebagai salah satu bahan organik utama.

Pemberian Pakan

Jika dibutuhkan dapat diberi makanan tambahan berupa cacing, kecoa, ulat besar yang diberikan setiap 10 hari sekali.

Pemeliharaan Kolam dan Tambak

Yang mesti diperhatikan dalam pemeliharaan belut adalah menjaga kolam supaya tidak beracun dan aman daribgangguan dari luar.

 

6. Hama dan Penyakit

 

Hama

Hama pada belut adalah binatang tingkat tinggi yang langsung mengganggu kehidupan belut. Di kolam terbuka maupun di alam bebas, hama yang kerap menyerang belut diantaranya : berang-berang, ular, katak, burung, serangga, musang air dan ikan gabus. Di pekarangan, terutama yang ada di perkotaan, hama yang sering menyerang hanya katak dan kucing.

Budidaya belut secara intensif tidak banyak diserang hama.

Penyakit

Penyakit yang banyak menyerang umumnya penyakit yang disebabkan oleh organisme tingkat rendah seperti virus, bakteri, jamur, serta protozoa yang berukuran kecil.

 

7. Panen

Pemanenan belut ada 2 jenis yakni :

  1. Berupa benih atau bibit yang dijual untuk diternak dan dibudidayakan.
  2. Berupa hasil akhir pemeliharaan belut yang siap dijual untuk konsumsi, besar atau panjangnya disesuai dengan permintaan pasar atau konsumen. Cara Penangkapan belut sama seperti menangkap ikan lainnya dengan peralatan seperti bubu atau posong, jaring atau jala bermata lembut, dengan pancing serta pengeringan air kolam hingga belut tinggal diambil saja.

 

8. Pasca Panen

 

Dalam budidaya belut secara komersial dan dalam jumlah yang besar, penanganan pasca panen perlu memperoleh  perhatian yang serius. Hal ini supaya belut bisa diterima oleh konsumen dalam kualitas yang baik, hingga mempunyai jaringan pemasaran yang luas.

 

Sumber Refferensi

Satwono, B. 1999. Budidaya Belut dan Tidar. Penerbit Penebar Swadaya (Anggota IKAPI). Jakarta.

Ronni Hendrik S. 1999. Budidaya Belut. Penerbit Bhratara, Jakarta

Kontak Hubungan

Proyek Pengembangan Ekonomi Masyarakat Pedesaan – BAPPENAS; Jl.Sunda Kelapa No. 7 Jakarta, Tel. 021 390 9829 , Fax. 021 390 9829 Jakarta, Maret 2000

Proyek Pengembangan Ekonomi Masyarakat Pedesaan, Bappenas

http://bdp.fpik.ipb.ac.id

   

Peluang Usaha Sate Kelinci

peluang usaha

User Rating: / 8
PoorBest 
Peluang Usaha Sate Kelinci - 4.5 out of 5 based on 8 votes

Peluang Usaha Sate Kelinci dan Gulai Kelinci

Peluang Usaha Sate Kelinci

Kelinci merupakan hewan mamalia dari famili Leporidae, dan bisa ditemukan di seluruh bagian bumi. Awalnya, kelinci merupakan hewan liar yang hidup di Afrika sampai daratan Eropa. Kelinci adalah hewan yang lucu dan disukai banyak orang mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Terdapat banyak jenis kelinci di antaranya Angora, Lyon, American Chinchilla, Dutch, English Spot, Himalayan, dan lain-lain.

Dalam perkembangan kelinci, kelinci yang  di budidaya kelinci sebagai hewan kesayangan seperti jenis Angora. Tapi saat ini banyak juga kelinci untuk konsumsi seperti himalayan dan lainnya. Daging kelinci berwarna putih seperti ayam dan memiliki serat yang halus serta mempunyai warna sedikit pucat. Rendahnya kandungan kolesterol dan natrium pada daging kelinci membuat aneka masakan daging kelinci banyak di suka orang. Kelinci memiliki daging dengan kadar glikogen tinggi dan kadar lemak yang rendah. Cocok untuk orang yang lanjutusia, memiliki penyakit jantung, obesitas maupun yang sedang berdiet. Daging kelinci dapat di olah menja i aneka kuliner seperti sate kelinci, gulai kelinci, sosis, bakso, nugget dan aneka kuliner lain.

 

Deskripsi Usaha Sate Kelinci dan Gulai Kelinci

 

Bahan Baku Sate Kelinci dan Gulai Kelinci

Bahan utama untuk usaha ini adalah daging kelinci, gunakan daging khusus pedaging karena harganya lebih murah dan jangan yang terlalu tua. Kualitas daging kelinci dapat mengalami penurunan dengan cepat bila tidak di olah dengan baik, di sarankan untuk membeli kelinci hidup dan memotongnya di tempat guna menjaga kualitas daging. Keuntungan daging kelinci terdapat pada tulang kelinci lebih tipis, dagingnya halus, dan seratnya pendek hingga mudah dikunyah.

 

Tempat Usaha Sate Kelinci dan Gulai Kelinci

Tempat yang cocok adalah di tengah keramaian dan di pinggiran jalan, pastikan lokasi usaha kecil ada mudah di akses dan memiliki tempat parkir yang memadai. Anda juga harus menyediakan tempat makan layaknya rumah makan pada umumnya.

 

Perlengkapan Usaha Sate Kelinci dan Gulai Kelinci

Perlengkapan usaha cukup banyak, selain alat masak, anda juga harus menyediakan meja dan kursi. Disarankan juga memiliki mesin pendingin chiler atau kulkas guna menyimpan bahan baku dagig kelinci dan lainnya. Berikut perkiraan perlengkapan yang di butuhkan.

Perlengkapan Usaha Harga - Rp
2 unit kompor dan 2 unit tabung gas 400.000 - 800.000
2 panci besar dan alat masak lain 400.000 - 800.000
1 unit alat panggangan besar 100.000 - 250.000
Peralatan makan 250.000 - 500.000
Meja dan kursi 500.000 - 900.000
Kipas angin kecil 100.000 - 150.000
Kulkas atau chiler 2.000.000 - 5.000.000

 

Karyawan

Anda membutuhkan karyawan minimal satu orang yang bertugas untuk melayani pembeli, sedangkan untuk bagian koki sebaiknya anda lakukan sendiri.

 

Promosi dan Pemasaran

Pemasangan spanduk besar dan papan nama mutlak di perlukan untuk mengenalkan usaha anda. Rumah makan yang menyediakan Sate Kelinci dan Gulai Kelinci masih jarang di temukan, anda harus mampu membuat inovasi agar konsumen semakin tertarik untuk mencoba Sate Kelinci dan Gulai Kelinci. Rasa yang lezat adalah promosi gratis yang tak terelakan dan membuat usaha anda dengan cepat di kenal. Anda juga harus dapat mengangkat kelebihan daging kelinci yang memiliki kolesterol rendah hingga baik untuk kesehatan. Berikan nama yang mudah di ingat bagi rumah makan Sate Kelinci dan Gulai Kelinci anda. Berikan pelayanan yang terbaik dan harga yang terjangkau bagi pelanggan anda.

 

Resiko Usaha

Resiko terbesar adalah ketersediaan bahan baku kelinci yang mungkin mengalami kelangkaan, harga kelinci yang kadang melonjak juga akan menjadi halangan bagi usaha anda. Untuk menyiasatinya anda harus memiliki beberapa pemasok langsung dari peternakan atau budidaya kelinci. Anda juga dapat memelihara beberapa ekor kelinci cadangan untuk keperluan satu minggu. Bagaimanapun peluang usaha Sate Kelinci masih terbuka dengan lebar dan terus berkembang menyusul semakin banyaknya orang yang menyukai daging kelinci.

   

Page 53 of 76

<< Start < Prev 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 Next > End >>