Wirausaha Sukses Es Dawet

wirausaha

User Rating: / 14
PoorBest 
Wirausaha Sukses Es Dawet - 4.2 out of 5 based on 14 votes

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

Wirausaha Sukses Es Dawet

 

Bermula dari gemar minuman dingin, tapi saat ini Citra Puspa Sari, 26 tahun sudah memiliki usaha yang menguntungkan. Tidak hanya di Indonesia, Es Dawet Cah Mbanjar produksinya sudah merambah pasar Singapura. Inilah sepanggal kisah Wirausaha Sukses Es Dawet.

 

Di Indonesia, Citra sudah memasarkan produksinya mulai dari wilayah barat, tengah hingga timur Indonesia. Minuman usaha keluarga ini kini bisa dirasakan seluruh masyarakat negeri ini. Di Singapura, Citra mendapat undangan dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI). Di Singapura Citra mengisi acara Asia Pasific Food Festival. Dalam waktu dekat, dia akan berangkat ke Thailand untuk mempromosikan minuman ini. Citra memulai usaha Es Dawet Cah Mbanjar pada 2006.

 

Dia tertarik mengembangkan bisnis ini karena senang minum satu jenis minuman yang sama tapi beda nama. Memang, minuman jenis ini cukup banyak di Medan. Penjual minuman yang menggunakan gerobak banyak dijumpai di pinggir pinggir jalan kota Medan. Kadang di emperan toko, tidak sedikit pula di bawah pohon rindang dan di persimpangan jalan. Sambil minum, dia suka bertanya - tanya kepada penjual mengorek informasi seputar minuman tersebut.

 

Hingga akhirnya dia bisa ketemu dengan bos pemilik es penjual dengan gerobak. ”Saya suka minum es. Karena sering, iseng - iseng ngobrol nanyain resep es dawet dan lainnya. Namun kata pekerjanya, harus menjumpai bos langsung. Setelah di cari tahu akhirnya bisa ketemu.” kata Citra kepada harian Seputar Indonesia. Sesudah mendapat resep dari pemilik es itu, Citra bersama suaminya, Hafiz Khairul Rijal, 32 tahun membeli bahan baku dengan modal Rp100.000.

 

Pada saat itu dia tidak mengenakan resep rahasia dari bos pemilik es. Untuk gerobaknya, dia memilih membuat sendiri dengan biaya Rp500.000. Bermodal Rp 600.000 itulah Citra memulai berjualan Es Dawet Cah Mbanjar. Kebetulan dia langsung mendapat lokasi dekat kampus. Jadi saat itu, penjualannya lumayan. Dalam satu hari,50 cup atau gelas Es Dawet Cah Mbanjar pasti laku terjual. Untung bersihnya Rp50.000 per hari. Waktu terus berlalu sampai tiga bulan berjalan.

 

Dari keuntungan yang diperoleh, Citra menambah gerobak. Tidak lama berselang, gerobak ketiga dibeli sekaligus mulai merekrut karyawan. ”Mulai jualan sendiri pada 2006. Terus berjalan sampai 2007 sudah bisa membeli gerobak kedua dan ketiga. Seluruhnya disebar tidak jauh dari lokasi berjualan yang pertama,” ujar ibu dari dua orang anak ini. Namun, meski telah memiliki tiga gerobak, dia masih tetap berhubungan dengan bos pemilik es yang pertama karena bumbu utama belum dimilikinya langsung.

 

Mendekati akhir tahun 2007, dia mencoba untuk membeli bumbu dan alat produksi dari bos pemilik es. Modalnya tidak sedikit. Uang sebesar Rp50 juta mesti disiapkan, tapi karena ingin berinovasi dia nekat meminjam uang orang tuanya. ”Separuh dari modal itu, pinjam dari orang tua. Kami berpikir sudah saatnya untuk berdiri sendiri. Jadi mudah untuk melakukan inovasi, tidak hanya membeli bahan dan tinggal ramu,”ujarnya. Dengan begitu dia dapat memiliki mesin adonan cendol, gula, dan kelapa sendiri. Bahan bakunya pun langsung didatangkan dari daerah Banjar.

 

Selain bumbu utama, Citra juga mendapat lima gerobak. Jadi total telah ada delapan gerobak yang dijadikannya modal untuk dijual kepada orang lain. Ingin melihat bagaimana peluang pasar yang lebih besar, Es Dawet Cah Mbanjar ini mulai diikutkannya pada pameran-pameran. Pertama kali, tepatnya 2007 ikut pameran Bank Sumut dalam rangka ulang tahun Bank Pembangunan Daerah (BPD) ini.

 

Tanpa diduga, Citra meraih penghargaan Bank Sumut Usaha Mikro Kecil (UMK) Award. Usaha Citra dinilai terbaik sebab punya tempat produksi dan manajemennya telah terbentuk, walaupun masih dalam skala home industry. ”Senang sekali. Selama proses pameran, kami ikut dalam audisi wirausaha muda Mandiri yang diselenggarakan Bank Mandiri. Jadi semakin bersemangat untuk mengembangkannya lebih luas,” ujar anak pertama dari tiga bersaudara ini. Rezeki benar - benar berpihak.

 

Es Dawet Cah Mbanjar terpilih menjadi juara 2 se-Sumatera. Penghargaan - penghargaan ini membuat suami istri ini mendapat kemudahan untuk mengembangkan usaha. Bagi yang berminat untuk memulai usaha ini diberi kredit oleh Bank Mandiri. Bank ini juga membantu proses pelatihan, perekrutan karyawan dan manajemen. ”Sistemnya seperti franchise, tapi kami menyebutnya kemitraan karena tidak ada ketentuan harus sama gerobaknya, jumlah karyawan atau gajinya." katanya.

 

Bahkan diperbolehkan beli bahan saja, tanpa gerobak dan tidak dapat resep utama,”papar Citra. Apabila ingin mendapat resep utama, tentu harus membeli rumah produksi sebesar Rp60 juta. Ini disebut dengan master. Saat ini, khusus di Medan dia menjadi pemilik brand Es Dawet Cah Mbanjar. Tidak sulit lagi memperoleh es dawet yang memiliki rasa manis ini pada pinggir jalan, warung atau restoran.

 

Total sudah 170 gerobak se-Indonesia sudah dijualnya. Khusus untuk Medan saja ada 40 gerobak. Kini pemasarannya hingga Makassar. ”Peluangnya masih besar di sini. Ini cocok untuk mulai berbisnis karena dipastikan untung Rp50.000 bisa didapat dalam satu hari,”katanya.

 

Jadi Pewaralaba Juga menguntungkan Karena Pasarnya Besar

 

Pengembangan sistem waralaba (franchise) Es Dawet Cah Mbanjar ternyata membuat beberapa investor tertarik. Konsep pemasaran dalam rangka memperluas jaringan usaha secara cepat.

 

Sebut saja Reviza Putra Syarif, 26 tahun, ikut menjalani Peluang Usaha Es Dawet Cah Mbanjar. Bahkan,Reviza mengaku beruntung dapat menjadi pewaralaba karena keuntungannya tidak sedikit. Dalam satu bulan pertama, untung bersih yang dapat dibawanya pulang sebesar Rp 2,4 juta. ”Hasilnya lumayan. Dalam dua bulan, modal saya sudah kembali,” ujarnya saat harian Seputar Indonesia berkunjung ke tokonya di Jalan Wahid Hasyim No 1 E Medan.

 

Sebagai pewaralaba, Reviza mesti membeli gerobak dan peralatan lengkap Es Dawet Cah Mbanjar langsung dari pemilik waralaba dengan harga Rp4,5 juta. Untuk bahan minuman mulai cendol, santan dan gula setiap hari dia harus mengeluarkan biaya Rp70.000 per hari untuk 50 porsi setiap harinya. ”Sebagai pemilik waralaba mereka membina mitra. Waktu saya pilih lokasi ini, sempat diragukan kelangsungannya, tapi saya buktikan bisa dan Alhamdulillah sukses,” ujarnya. Reviza pun menjadi wirausaha sukses es dawet dari segi pewaralaba.

 

Kebulatan tekadnya ini sudah tampak sejak awal Reviza ingin membuka usaha ini. Setelah keluar dari tempat kerja sebelumnya pada salah satu bank milik pemerintah, Reviza memang punya keinginan untuk buka usaha, tapi keuntungannya besar dan cepat. Yang ada di benaknya adalah bisnis makanan. Survei pun dimulai. Setelah keliling sana-sini, Reviza akhirnya mengetahui bahwa untuk memulai usaha yang sama pakai sistem waralaba.

 

Bukan hanya waralaba es dawet, tapi dapat juga satu paket dengan bakso yang pernah dimakannya. ”Dua bulan pertama, saya ikut bekerja. Bahkan mesti berbelanja ke pasar pun saya tidak peduli. Itu bisa membuat kita lebih tahu harga di pasar dan dekat dengan pekerja,” ujar pria lulusan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) ini. Kalau dihitung sekalian dengan paket, keuntungan yang diperolehnya mencapai lebih dari Rp10 juta. Itu bersih di bawa pulang ke rumah untuk keluarganya.

 

Sumber Refferensi
Seputar Indonesia
 

Waralaba Es Dawet

waralaba

User Rating: / 1
PoorBest 
Waralaba Es Dawet - 1.0 out of 5 based on 1 vote

Waralaba Es Dawet

Waralaba Es Dawet

Usaha kecil es dawet ayu khas Banjarnegara sudah banyak di bermunculan, Peluang usaha es dawet ayu khas Banjarnegara sudah banyak yang mengusahakannya. Es dawet biasa juga di sebut dengan cendol, terutama di daerah Jawa Barat. Minuman khas asli Indonesia ini banyak di sukai dan sangat lezat di nikmati saat cuaca panas, para penjual dadakan banyak muncul saat bulan puasa tiba. Es dawet ayu khas Banjarnegara merupakan menu favorit sebagian besar umat muslim di Indonesia untuk berbuka puasa. Sudah banyak wirausaha sukses es dawet ayu khas Banjarnegara ini.

 

Usaha es dawet ayu termasuk usaha modal kecil, karena modal yang di butuhkan untuk membuat. Tidak heran kalau banyak yang memanfaatkan usaha ini, walau begitu usaha es dawet ayu ini ternyata tidak segampang yang dikira. Hal ini di karenakan untuk membuat dawet sendiri tidaklah mudah, apalagi memiliki resep es dawet yang enak dan di terima oleh pasar. Bagi anda yang ingin terjun diusaha ini tapi tidak mau di repotkan oleh hal ini, tidak ingin mengambil resiko besar serta trial and eror. Maka solusi untuk anda adalah Waralaba. Waralaba es dawet sudah banyak bermunculan, sebut saja waralaba es dawet Cah Mbanjar, waralaba es dawet Cendoldesa dan banyak lagi.

 

Keuntungan waralaba es dawet adalah anda tidak perlu mengalami Trial and Eror, anda tidak perlu di repotkan dengan bahan baku dawet karena di suplai langsung oleh pemilik waralaba, bahkan anda juga tidak perlu di pusingkan dengan seluruh perlengkapan dan peralatan saat memulai usaha es dawet ayu khas Banjarnegara ini. Anda hanya perlu menyiapkan sejumlah uang untuk membeli waralaba ini dan siapkan tempat usaha yang menurut and menjanjikan. Anda akan mendapatkan semua keperluan termasuk training karyawan jika anda membutuhkannya. berikut ini beberapa waralaba es dawet ayu yang bisa anda hubungi.

 

Waralaba es dawet Cah Mbanjar

 

Pemilik : Citra Puspa Sari dan Hafiz Khairul Rijal

Modal Awal: Rp 6 juta

Fasilitas: Gerobak dan perlengkapan

Bahan Baku: Rp 90 ribu/50 cup

Harga jual: Rp 3.000

Perkiraan Potensi pasar: 150 cup

Perkiraan Omset: Rp 450 ribu

Perkiraan Margin: Rp 180 ribu per hari

 

Produk Master: Rp 50 juta

Fasilitas: 5 gerobak

Komisi: Rp 1,25 juta setiap dapat mitra baru

Untuk lebih jelasnya Anda bisa menghubungi:

telp: 061-8219630

hp: 0815 308 0653

website: www.cahmbanjar.com

email: contact@cahmbanjar(.)com

 

Waralaba es dawet Cendoldesa

 

Pemilik : Tatang Kusdiana

Permata Legenda Blok L 27 No.8 Dukuh Zamrud - Mustika Jaya Bekasi Jawa Barat 17157

Telp : (021)71047644, (021)82609572

Fax : 021-84307897

Hp : 0812 86 776644

Email : cendoldesa@gmail(.)com atau tang_kus@yahoo(.)com

http://cendoldesa.com/mitra-usaha/

Waralaba Es Dawet

   

Peluang Usaha Es Dawet Ayu Khas Banjarnegara

peluang usaha

User Rating: / 11
PoorBest 
Peluang Usaha Es Dawet Ayu Khas Banjarnegara - 5.0 out of 5 based on 11 votes

Peluang Usaha Es Dawet Ayu Khas Banjarnegara

Peluang Usaha Es Dawet Ayu Khas Banjarnegara

Peluang usaha es dawet ayu khas Banjarnegara sudah banyak di manfaatkan oleh para penjual es dawet, baik yang es dawet ayu khas Banjarnegara maupun es dawet lainnya. Minuman asli Indonesia ini banyak di cari dan sangat enak di nikmati saat cuaca panas, para penjual dadakan akan muncul saat bulan puasa tiba. Es dawet ayu khas Banjarnegara adalah menu favorit bagi buka puasa sebagian besar umat muslim di Indonesia. Es dawet ayu khas Banjarnegara memiliki ke istimewaan dan ke unikan tersendiri, es dawet ayu khas Banjarnegara bisa di minum baik sebagai minuman panas maupun minuman dingin. Banyak wirausaha sukses dari es dawet ayu khas Banjarnegara ini.

 

Deskripsi Usaha Es Dawet Ayu Khas Banjarnegara

 

Bahan Baku Es Dawet Ayu Khas Banjarnegara

Bahan utama untuk peluang usaha ini adalah dawet atau di kenal juga sebagai cendol di daerah Jawa Barat, dawet terbuat dari tepung hunkwe sebagai bahan utama. Sebagian berkreasi dengan membuat dawet dari tepung beras, bahan utama lain yang di perlukan adalah gula merah dan santan. Anda juga dapat berkreasi dengan menambah potongan buah segar seperti nangka, durian dan buah lainnya kedalam es dawet ayu khas Banjarnegara buatan anda, Silahkan lihat Resep es dawet ayu khas Banjarnegara sebagai sumber inspirasi bagi anda.

 

Tempat Usaha Es Dawet Ayu Khas Banjarnegara

Tempat yang cocok adalah di tengah keramaian dan di pinggiran jalan, pastikan lokasi usaha kecil ada mudah di akses dan memiliki tempat parkir yang memadai. Anda juga bisa menjadi pedagang dadakan dengan memanfaatkan moment saat bulan puasa tiba.

 

Perlengkapan Usaha Es Dawet Ayu Khas Banjarnegara

Perlengkapan usaha es dawet ayu khas Banjarnegara tidak terlalu banyak, anda hanya menyediakan gerobak sederhana, buatlah gerobak yang khas dan mencerminkan usaha es dawet ayu khas Banjarnegara. Selain itu anda juga memerlukan beberapa gentong tanah ukuran besar dan kecil serta gayung yang terbuat dari batok kelapa. Berikut perkiraan perlengkapan yang di butuhkan.

Perlengkapan Usaha Harga - Rp
Gerobak 400.000 - 1.000.000
Beberapa gentong tanah 200.000 - 400.000
Gayung dengan batok kelapa 50.000 - 100.000
Gelas dan sendok 100.000 - 200.000

 

Karyawan

Anda tidak memerlukan karyawan untuk mengelola usaha ini, seluruh operasional usaha dapat anda jalankan sendiri

 

Promosi dan Pemasaran Es Dawet Ayu Khas Banjarnegara

Tidak di perlukan promosi khusus bagi usaha es dawet ayu khas Banjarnegara, dengan melihat gerobak usaha anda saja orang akan segera mengenali apa yang anda jual. buatlah nama atau merek yang khas bagi usaha anda. Sebuah spanduk cukup besar sudah cukup membantu promosi bagi usaha ini.

 

Resiko Usaha Es Dawet Ayu Khas Banjarnegara

Resiko terbesar adalah saat musim hujan tiba, hujan adalah musuh bagi usaha berbahan baku es. Begitu juga dengan usaha es dawet ayu khas Banjarnegara, sebaiknya anda bisa memperkirakan apakah hari akan hujan atau tidak. Bila hari di perkirakan akan hujan sebaiknya mengurangi pembuatan bahan es dawet ayu khas Banjarnegara. Atau, anda dapat berkreasi dengan berjualan dawet hangat di saat musim hujan. Bila anda repot untuk memulai usaha es dawet ayu khas Banjarnegara, anda dapat memanfaatkan sistem waralaba es dawet ayu khas banjarnegara.

   

Resep Es Dawet

kursus

User Rating: / 7
PoorBest 
Resep Es Dawet - 4.4 out of 5 based on 7 votes

Resep Es Dawet Ayu Khas Banjarnegara

Resep Es Dawet Ayu Khas Banjarnegara

Resep es dawet ayu adalah minuman khas Banjarnegara, kuliner asli Indonesia ini mempunyai begitu banyak penggemarnya. Es dawet akan menjadi minuman yang paling di minati saat bulan puasa tiba sebagai menu bagi buka puasa. Resep Es Dawet Ayu Asli Khas Banjarnegara lezat serta segar dan sangat cocok diminum pada cuaca panas, es dawet dapat diminum panas ataupun dingin dengan menambahkan es batu. Rasanya yang segar, inilah keistimewaan serta keunikan minuman tradisional khas Banjarnegara yang satu ini.

Resep Es Dawet Ayu Khas Banjarnegara

Bahan Dawet :

1 bungkus tepung hunkwe (Sagu Aren)

600 mili liter air

2 lembar pandan sebagai pewangi santan

100 mili liter air daun pandan suji

1/2 sendok teh garam

500 gram gula merah, iris-iris

700 mili liter air untuk cendol

Es batu seperlunya

 

Alat Membuat Dawet :

Cetakan Cendol atau bisa juga menggunakan saringan (Bisa membuat sendiri dengan dilubangi paku)

Baskom wadah

Sendok Kayu untuk mengaduk adonan dawet

 

Bahan Gula Merah :

500 gram Gula Merah atau Gula Aren diiris - iris dan direbus, bila kurang manis bisa di tambahkan gula pasir.

 

Bahan Santan :

1 liter santan kelapa kental

1/2 sendok teh garam

2 lembar daun pandan

 

Cara Membuat Dawet :

Campurkan tepung hunkwe dengan air daun pandan suji serta garam, aduk hingga rata hingga tepung hunkwe larut.

Masaklah campuran tepung hunkwe sambil terus diaduk perlahan hingga adonan menjadi menggumpal dan matang.

Siapkan cetakan cendol dan air matangdi dalam baskom. Tuanglah sedikit demi sedikit adonan dawet, tekan-tekan hingga seluruh dawet atau cendol keluar dan masuk ke dalam baskom. Lakukan sampai seluruh adonan habis.

 

Cara Membuat Gula Merah :

Rebuslah gula merah dengan air hingga gula larut, angkat dan saring. Masukan kedalam wadah khusus gula.

 

Cara Membuat Santan :

Rebuslah santan, garam, serta daun pandan menggunakan api kecil sambil terus menerus diaduk hingga mendidih. Angkat dan dinginkan. Masukan kedalam wadah khusus gula.

 

Cara Menyajikan Es Dawet Ayu Banjarnegara :

Masukan air rebusan gula merah ke dalam gelas secukupnya, beri dawet atau cendol, santan, dan es batu, sajikan.

 

Resep Dawet Ayu Banjar Negara ini bisa di sajikan untuk 15 orang. Es dawet ayu khas Banjarnegara ini bisa anda jadikan sebagai usaha kecil dengan memanfaatkannya sebagai  peluang usaha es dawet ayu yang menggiurkan apalagi saat di bulan puasa.

   

Resep Gulai Belut

kursus

User Rating: / 1
PoorBest 
Resep Gulai Belut - 3.0 out of 5 based on 1 vote

Resep Gulai Belut

 

Resep Gulai Belut

Belut banyak kita temui, namun sepertinya banyak yang belum pernah memasak belut. Walaupun di masak biasanya hanya di goreng hingga kering. Tapi tahukah anda kalau belut juga bisa di masak dengan cara lain, menjadi gulai belut misalnya. Masakan gulai belut masih jarang di temui, hanya ada sedikit rumah makan khusus belut yang menyajikan menu ini. Bagi anda yang mau membuat hidangan gulai belut yang lezat bisa mengikuti panduan resep gulai belut berikut ini.

 

Resep Gulai Belut

 

Bahan yang digunakan untuk membuat Gulai Belut :

1 kg Belut, Bersihkan belut. Lumuri menggunakan garam dan air jeruk hingga lendirnya hilang. Lalu cuci bersih. Belah perut belut sampai menjadi lebar dan buang jeroan. Lalu cuci bersih.

Bumbu Kuah Gulai Belut

5 lembar daun salam

5 batang serai, memarkan

1 ltsantan kental

 

Bumbu halus untuk membuat Gulai Belut :

10 butir bawang merah

5 butir bawang putih

4 cm kunyit

5 butir kemiri

1 sdt merica

2 cm jahe

2 sdt garam

 

Cara Membuat Gulai Belut :

 

Tumis seluruh bumbu halus, kemudian masukan daun salam serta serai hingga harum.

Tuangkan santan, masak sehingga mendidih.

Masukan Belut, masak sehingga matang.

Angkat gulai Belut, gulai belut siap disajikan.

Selamat menikmati masakan anda dengan orang tercinta. Resep ini juga dapat anda jadikan peluang usaha belut dengan membuka rumah makan khusus belut yang menyediakan aneka macam hidangan belut.

 

Untuk 10 porsi.

 

   

Page 52 of 76

<< Start < Prev 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 Next > End >>