PDF | Print | E-mail

Dongkrak Penjualan Dengan Pemasaran Relasional

Cara Berpromosi

User Rating: / 5
PoorBest 
Dongkrak Penjualan Dengan Pemasaran Relasional - 4.4 out of 5 based on 5 votes

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

Pemasaran Relasional

Pemasaran Relasional
Pemasaran relasional adalah menjalin relasi yang baik dengan pelanggan kita, terutama pelanggan yang terbukti telah membeli produk kita. Membuat pemasaran relasional terbukti dapat meningkatkan penjualan kita sebesar 50% tanpa meningkatkan anggaran pemasaran kita.

Beberapa pemilik usaha kecil sering membuat kesalahan vatal dan mahal dengan hanya berorentasi pada pemasaran pelanggan baru. Mereka biasa meninggalkan pelanggan yang telah memberi produk mereka dan melupakannya tanpa memelihara dan mengembangkan hubungan relasional tersebut. Akibatnya, banyak pelanggan yang pergi begitu saja tanpa pernah membeli kembali.
`


Banyak alasan kenapa pelanggan meninggalkan kita, namun yang terbanyak adalah karena harga yang terlalu tinggi dan ketidak pedulian kita. Mereka akan merasa kita tidak terlalu peduli dengan mereka, dan apa yang pesaing kita lakukan pada mereka.

Pemasaran Relasional

Banyak perusahaan yang menganggarkan 80% biaya pemasaran mereka untuk mengejar pelanggan baru, namun mereka sama sekali tidak memperhatikan, mempertahankan, dan memelihara hubungan baik dengan pelanggan yang mereka miliki. Sebelum kita ikut terjebak dengan hal ini, ada baiknya kita melihat statistik cara promosi berikut ini:

  • Ulangan pelanggan membeli kembali akan lebih banyak 33% dari pelanggan baru .
  • Arahan antara pelanggan tetap adalah 107 % lebih besar dari non - pelanggan .
  • Biayanya enam kali lebih banyak menjual sesuatu kepada prospek baru daripada menjual hal yang sama kepada pelanggan.


Seperti yang kita lihat, biaya pemasaran kita akan jauh lebih sedikit jika kita gunakan untuk membangun, memelihara, dan mengembangkan hubungan dengan pelanggan kita. Sangat penting untuk mencoba memuaskan mereka dengan produk yang tepat dan layanan yang prima, didukung oleh promosi yang tepat dan membuatnya tersedia pada waktu yang tepat dan lokasi.

Pelanggan dapat dengan mudah mendeteksi ketidak pedulian dan ketidaktulusan kita, dan mereka tidak akan mentolerir itu. Klien jangka panjang dan loyalitas pelanggan adalah tantangan jangka panjang yang harus kita usahakan setiap hari dan dengan setiap transaksi tidak peduli seberapa besar atau kecil.

Usaha yang berkembang memang perlu terus menangkap pelanggan baru, fokus dan prioritas harus pada menyenangkan basis pelanggan kita. Perusahaan yang gagal dalam memelihara dan mempertahankan basis pelanggan mereka akhirnya akan gagal. Kemampuan kita hanya terbatas untuk menarik pelanggan baru jika kita tidak dapat memegang dan memuaskan pelanggan yang ada dan pelanggan.

Intinya adalah bahwa salah satu komponen kunci dalam pemasaran dan pertumbuhan bisnis adalah dengan menghabiskan sebagian besar waktu kita dan berusaha memelihara hubungan dengan pelanggan, sehingga kita mendapatkan bisnis dari klien yang sudah ada dan yang terbukti membeli.  Hal ini biasanya melibatkan memberikan layanan yang lebih personal dan memberikan kualitas layanan yang melebihi harapan pada setiap langkah, pemasaran relasional wajib kita buat dan jalani. Lihat juga banyak cara berpromosi bagi UKM


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel

Akses ditolak!
Silahkan Login atau Register Untuk berkomentar!