Budidaya Ikan Mas Balita

Budidaya Ternak

User Rating: / 4
PoorBest 
Budidaya Ikan Mas Balita - 5.0 out of 5 based on 4 votes

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

Budidaya Ikan Mas Balita

1. Budidaya Pembenihan Ikan Mas (Dari indukan hingga telur dan larva) 2. Budidaya Pembibitan Ikan Mas (Dari larva ikan mas hingga bibit ikan mas/ikan mas balita) 3. Budidaya Pembesaran Ikan Mas
Budidaya Ikan Mas Balita - UKMKecil.com . Ikan balita awalnya di pakai untuk menyebut bayi ikan mas kecil yang  dipanen ketika masih berusia 30-45 hari. Budidaya ikan mas umumnya baru bisa dipanen setelah usia 90 hari atau 3 bulan untuk memenuhi pasar ikan mas. Ikan mas balita sebetulnya adalah bibit bagi budidaya pembesaran ikan mas.

Usaha budidaya ikan mas balita ini cukup prospektif, sebab kebutuhan akan ikan balita baik untuk konsumsi masyarakat maupun industri seperti usaha keripik ikan balita maupun penjualan ikan balita mentah masih belum terpenuhi. Harga jual ikan mas balita saat ini sekitar Rp 50.000/kg, sebagian pembibit ada yang menjualnya dengan sistem per ekor.

 

 

Siklus kedua budidaya ikan mas balita

Budidaya ikan mas balita merupakan siklus kedua dalam tahapan budidaya ikan mas. Budidaya ikan mas secara garis besar sendiri terbagi menjadi 3 siklus, yakni:

1. Budidaya Pembenihan Ikan Mas (Dari indukan hingga telur dan larva)
2. Budidaya Pembibitan Ikan Mas (Dari larva ikan mas hingga bibit ikan mas/ikan mas balita)
3. Budidaya Pembesaran Ikan Mas (Dari bibit ikan sampai ikan mas siap konsumsi)

Budidaya Ikan Mas Balita

Budidaya ikan mas dimulai dari pembenihan, pada tahap ini dilakukan pemijahan/perkawinan antara ikan mas indukan betina  dengan indukan ikan mas jantan untuk di ambil telur dan larvanya.

Budidaya Pembenihan Ikan Mas

Pasangan indukan ikan mas dipijahkan dalam kolam berukuran 2m x 2m. Kolam ini diisi 3 ekor induk betina ( 10 Kg ) dan 3 ekor indukan pejantan. Kolam pemijahan harus dilengkapi dengan ijuk sebagai tempat bertelur, harga Indukan ikan mas siap pijah bisa cukup mahal, bisa mencapai Rp 1 juta/per paket ( Biasanya 3 ekor indukan betina dan 3 ekor indukan jantan).

Dalam kolam pemijahan, indukan ikan mas jantan dan indukan ikan mas betina di kawinkan selama 15-20 hari.  Sesudah dikawinkan indukan betina akan menghasilkan benih sebanyak 40 liter, dimana setiap satu liter berisi 6.000-6.500 ekor benur (telur).

Telur ditetaskan dan dipelihara dalam kolam pembenihan hingga usia 15 hari. Untuk kolam pembenihan seluas 200 meter2, dibutuhkan benur sebanyak 1 liter. Bayi ikan mas yang berumur 15 hari biasa disebut sebagai kebul  dari sini baru dilanjutkan ke tahap 2 budidaya ikan mas. Bagi petani ikan mas yang memiliki kolam pembibitan cukup luas, bisa menggunakan terus kolam pembibitannya hingga usia ikan mas mencapai 30-45 hari dan mencapai ukuran tubuh ikan mas 5-7 centi. Ukuran inilah yang dinamakan ikan mas balita.

Budidaya Ikan Mas Balita Teknik Mina Padi
Dalam budidaya ikan mas balita, dikenal sebuah sistem bernama teknik mina padi. Dimana bayi ikan mas berumur 15 hari dipelihara secara tumpang sari di sawah padi. Bibit di tebar di sawah sawah, dengan begitu patani padi akan memperoleh keuntungan sampingan dari budidaya ikan balita tekhnik mina padi ini.  

Dari 1 liter benih ikan mas 15 hari ini akan menghasilkan 20 kg ikan mas balita. Namun, hasilnya tidak selalu sebesar itu disebabkan banyak faktor, misalnya penyakit, benih dimakan binatang lain, air yang terkena polusi, maupun cuaca yang kurang mendukung. Jika dalam musim kemarau bagus untuk mengembangbiakkan ikan
balita, namun pada musim penghujan akan menghambat pertumbuhan ikan. Sedangkan untuk budidaya ikan balita di kolam bisa menghasilkan sekitar 30 kg ikan balita dari 1 liter benih yang ditebar.

Panen Ikan Balita
Panen ikan mas balita dilakukan setelah 30 hari benih ditebar, umumnya akan didapat ikan mas balita ukuran 5-7 centimeter. Untuk tehnik mina padi, sawah di keringkan secara perlahan. Ikan mas balita kemudian di bersihkan, dibuang isi perutnya dan siap dijual.

Pasca Panen Ikan Balita
Ikan mas balita yang sudah dipanen dapat dijual langsung dapat dijual kepada petani budidaya ikan mas pembesaran atau untuk masakan olahan. Saat ini ikan mas balita segar banyak dijual di supermarket hingga hypermarket maupun pasar traditional, selain itu ikan mas balita juga bisa di jadikan keripik ikan balita.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel

Akses ditolak!
Silahkan Login atau Register Untuk berkomentar!