Budidaya Ikan Keramba Aliran Sungai

Budidaya Ternak

User Rating: / 4
PoorBest 
Budidaya Ikan Keramba Aliran Sungai - 4.0 out of 5 based on 4 votes

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

Budidaya Ikan Keramba Aliran Sungai
Budidaya ikan keramba aliran sungai masih banyak di lakukan di sungai sungai besar dan sedang. Sebut saja sungai ciaruten, sungai cibunut Bandung hingga sungai ciliwung (hulu) masih banyak yang memakainya sebagai sarana budaya ikan air tawar. Budidaya ikan keramba aliran sungai adalah budidaya ikan dalam sebuah keramba yang terbuat dari bambu dan jaring yang di pasang di pinggiran aliran sungai.
Budidaya Ikan Keramba Aliran Sungai
Tidak seperti budidaya ikan dengan keramba apung yang memerlukan aliran sungai yang tenang atau danau. Budidaya ikan keramba aliran sungai justru memanfaatkan derasnya aliran sungai sebagai media budidaya, derasnya aliran sungai ini akan menguntungkan sebab pasokan oksigen dalam jumlah yang memadai didapat dari pergantian air yang terjadi setiap saat.

 

Jenis Keramba Budidaya Ikan Keramba Aliran Sungai


Budidaya ikan keramba aliran sungai ini bisa di bagi menjadi 3 jenis berdasarkan letaknya dalam sebuah aliran sungai. Yaitu karamba dasar, karamba bawah serta karamba sejajar. Keramba dasar berarti di tempatkan di dasar sungai, keramba bawah ditempatkan di bawah sungai namun tidak sampai menyentuh dasar, sedangkan keramba sejajar di tempatkan sejajar dengan arus atas sungai. Peletakan keramba ikan aliran sungai ini juga di pengaruhi oleh kedalaman sungai itu sendiri.

Jenis Ikan Budidaya Ikan Keramba Aliran Sungai


Beberapa jenis ikan air tawar yang ditengarai dapat tumbuh optimal apabila dipelihara dengan Budidaya Ikan Keramba Aliran Sungai adalah ikan mas, ikan bandeng, ikan lele, ikan nila dan ikan mujaer. Jenis ikan air tawar diatas bisa bertahan hidup ditengah derasnya aliran sungai, dan juga bisa tumbuh dengan baik dan sehat.
Budidaya Ikan Keramba

Keuntungan Budidaya Ikan Keramba Aliran Sungai

Ada beberapa keuntungan dari Budidaya ikan keramba aliran sungai di bandingkan dengan budidaya ikan dalam kolam atau keramba apung. Yaitu sebagai berikut.

  • Sisa makanan dan kotoran ikan bisa langsung terbuang.
  • Ikan bisa lebih kuat dari serangan hama, sehingga berbagai macam kerugian yang disebabkan oleh hal ini bisa lebih diminimalisir.
  • Kondisi perkembangan dan kesehatan ikan bisa terpantau dengan lebih baik.
  • Pasokan oksigen dalam jumlah yang cukup tersedia oleh pergantian air terjadi setiap saat.
  • Biaya pembuatan keramba ikan cukup murah
  • Perawatan ikan lebih mudah dan sederhana, cukup memberi makan ikan setiap hari.
  • Ikan yang di hasilkan tidak berbau lumpur dan daging lebih kenyal karena pergerakan ikan cukup.


Kerugian Budidaya Ikan Keramba Aliran Sungai

  • Saat terjadi air bah, banyak keramba ikan yang hanyut terbawa derasnya aliran sungai.
  • Setelah terjadinya sungai membesar/bah, keramba banyak di penuhi lumpur, pasir dan sampah sungai. kita mesti langsung membersihkannya.
  • Kapasitas keramba ikan relatif kecil bila di bandingkan dengan keramba apung atau kolam ikan.
  • Keramba ikan aliran sungai ini bisa menghambat aliran sungai, hingga di beberapa daerah tidak di izinkan.


Cara Membuat Keramba Budidaya Ikan Air Tawar

Siapkan terlebih dahulu beberapa bahan sebelum membuat keramba ikan, yaitu:

  • Balok kayu dengan ukuran panjang 3 m, lebar 7 cm dan tebal 7 cm
  • Bambu yang sudah berusia tua dan berukuran besar
  • Jaring atau kawat jaring dengan ukuran mata jaring yang disesuaikan dengan ukuran benih ikan air tawar yang akan ditebar.
  • Paku dan kawat


Tahap Membuat Keramba Ikan

  • Buat kerangka karamba dengan ukuran panjang 3 meter, lebar 2 meter dan tinggi 1 meter atau di sesuaikan dengan lebar sungai. Jangan sampai lebar keramba melebihi setengah lebar aliran sungai sebab bisa menghambat aliran sungai dan banyak sampah dan lumpur yang tersangkut di keramba.
  • Tutup setiap bagian rangka dengan jaring atau kawat jaring hingga semua bagian tertutup, gunakan paku dan kawat.
  • Lapisi kawat jaring dengan bambu yang sudah di potong dengan lebar sekitar 4 cm dengan panjang sesuai tinggi keramba, gunakan paku dan kawat.
  • Buatlah 2 buah pintu pada bagian tengah sisi atas dan disalah satu sudut bagian depannya dengan ukuran masing – masing 40 x 40 cm. Pintu yang terletak disisi atas karamba akan berguna untuk mempermudah operasional panen, sedangkan pintu yang terletak disalah satu sudut bagian depan keramba akan berfungsi sebagai akses dalam memberikan pakan terhadap ikan yang dipelihara.


Cara Budidaya Ikan Keramba Aliran Sungai

Peletakan Keramba Ikan Dalam Sungai

  • Ikuti 3 jenis keramba diatas, mana yang akan di pilih.
  • Simpan keramba ikan dalam sungai, berikan pemberat di atasnya. Jangan lupa ikan bagian depan keramba dengan kencang untuk mencegah hanyut saat air bah.
  • Jangan sampai peletakan keramba menutupi aliran sungai atau lebih dari setengah aliran sungai, perkecil pembuatan keramba jika sungai memang sempit dan siasati dengan memanjangkan keramba ke belakang.


Penebaran Benih ikan
Benih ikan di tebar saat air sedang kecil atau tidak sedang pasang, sesuaikan terlebih dahulu suhu air di plastik dengan suhu air sungai dengan cara memesukan plastik berisi benih ke dalam sungai. Setelah di perkirakan suhu sesuai, segera tebar benih ikan dalam keramba.

Perawatan Budidaya Ikan menggunakan Keramba Aliran Sungai

  • Ikan hanya perlu kita beri makan sebanyak 2 kali sehari, yakni pada pagi dan sore hari.
  • Bersihkan keramba dari sampah sungai dan lumpur, terutama sesudah terjadi air pasang atau bah.
  • Periksa selalu kondisi keramba jangan sampai ada yang bocor, terutama bila sesudah air pasang.
  • Umumnya ikan dalam keramba akan kuat terhadap serangan hama dan penyakit, hingga tidak memerlukan perawatan khusus terhadap hama dan penyakit.


Pemanenan

Pemanenan bisa di lakukan sesuai dengan jenis ikan masing masing yang di pelihara dalam keramba ikan sungai ini.

Setelah mengetahui Budidaya Ikan Keramba Aliran Sungai ini, semoga anda yang berdiam di sepanjang aliran sungai bisa memanfaatkan peluang usaha ini. Walau begitu, tetap perhatikan lingkungan sekitar dan aliran sungai dalam membuat ukuran keramba ikan disungai ini.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel

Akses ditolak!
Silahkan Login atau Register Untuk berkomentar!