Budidaya Burung Puyuh 2 Pembibitan dan Pemeliharaan

Budidaya Ternak

User Rating: / 5
PoorBest 
Budidaya Burung Puyuh 2 Pembibitan dan Pemeliharaan - 3.6 out of 5 based on 5 votes

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

Budidaya Burung Puyuh 2 Pembibitan dan Pemeliharaan

budidaya burung puyuh

Pembibitan Budidaya Burung Puyuh

Penyediaan bibit adalah langkah terpenting dalam budidaya burung puyuh. Pemilihan bibit burung puyuh disesuaikan dengan tujuan dari pemeliharaan budidaya burung puyuh tersebut, ada 3 tujuan pemeliharaan ternak burung puyuh, yaitu:

 

  1. Produksi telur untuk konsumsi, bibit burung puyuh yang dipilih jenis burung puyuh ketam betina yang sehat atau bebas dari karier / riwayat penyakit.
  2. Produksi daging puyuh, dipilih bibit burung puyuh jantan serta burung puyuh petelur afkiran.
  3. Produksi usaha pembibitan atau produksi telur tetas, dipilih bibit burung puyuh betina yang baik produksi telurnya dan burung puyuh jantan yang sehat dan siap membuahi burung puyuh betina supaya bisa menghasilkan telur tetas yang baik.

 

Pemeliharaan Budidaya Burung Puyuh


Jika kita sudah memperoleh bibit burung puyuh yang baik dan sesuai dengan tujuan pemeliharaan burung puyuh, selanjutnya kita inggal fokus dalam pemeliharaan puyuh. Pemeliharaan budidaya burung puyuh ini meliputi :

Kebersihan
Menjaga kebersihan sagat penting agar tidak timbul penyakit saat budidaya burung puyuh, kebersihan lingkungan kandang dan vaksinasi terhadap burung puyuh mesti dilakukan sedini dan sedetail mungkin.

Mengontrol Penyakit
Mengontrol penyakit harus dilakukan setiap saat dan jika ditemukan adanya tanda-tanda yang kurang sehat, burung puyuh harus segera di karantina dan dilakukan pengobatan sesuai dengan petunjuk dokter hewan, dinas peternakan setempat atau petunjuk dari Poultry Shoup. Silahkan lihat Budidaya Burung Puyuh 3 Hama Dan Penyakit

Pemberian Pakan
Memberi pakan burung puyuh adalah faktor yang penting dalam keberhasilan budidaya burung puyuh dengan hasil yang maksimal. Ransum (pakan) yang bisa diberikan untuk burung puyuh bisa terdiri dari beberapa bentuk, yaitu: bentuk pellet, remah-remah dan tepung. Karena puyuh yang suka usil mematuk temannya akan mempunyai kesibukan dengan mematuk-matuk pakannya. Pemberian ransum puyuh anakan diberikan 2 (dua) kali sehari pagi dan siang. Sedangkan puyuh remaja/dewasa diberikan ransum hanya satu kali sehari yaitu di pagi hari. Untuk pemberian minum pada anak puyuh pada bibitan diberikan terus-menerus.

Pemberian Vaksinasi
Burung puyuh harus segera diberi vaksin saat umur 4-7 hari dengan dosis separo dari dosis untuk ayam. Vaksin dapat diberikan melalui tetes mata (intra okuler) atau air minum (peroral).


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel

Akses ditolak!
Silahkan Login atau Register Untuk berkomentar!