Budidaya Ikan Mas Balita

Budidaya Ternak

Written by Dody Tabrani

User Rating: / 4
PoorBest 
Budidaya Ikan Mas Balita - 5.0 out of 5 based on 4 votes

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

Budidaya Ikan Mas Balita

1. Budidaya Pembenihan Ikan Mas (Dari indukan hingga telur dan larva) 2. Budidaya Pembibitan Ikan Mas (Dari larva ikan mas hingga bibit ikan mas/ikan mas balita) 3. Budidaya Pembesaran Ikan Mas
Budidaya Ikan Mas Balita - UKMKecil.com . Ikan balita awalnya di pakai untuk menyebut bayi ikan mas kecil yang  dipanen ketika masih berusia 30-45 hari. Budidaya ikan mas umumnya baru bisa dipanen setelah usia 90 hari atau 3 bulan untuk memenuhi pasar ikan mas. Ikan mas balita sebetulnya adalah bibit bagi budidaya pembesaran ikan mas.

Usaha budidaya ikan mas balita ini cukup prospektif, sebab kebutuhan akan ikan balita baik untuk konsumsi masyarakat maupun industri seperti usaha keripik ikan balita maupun penjualan ikan balita mentah masih belum terpenuhi. Harga jual ikan mas balita saat ini sekitar Rp 50.000/kg, sebagian pembibit ada yang menjualnya dengan sistem per ekor.

 

 

Budidaya Ikan Bawal Air Tawar

Budidaya Ternak

Written by Dody Tabrani

User Rating: / 3
PoorBest 
Budidaya Ikan Bawal Air Tawar - 5.0 out of 5 based on 3 votes

Budidaya Ikan Bawal Air Tawar

Budidaya ikan bawal air tawar


Pembesaran Ikan Bawal Air Tawar (Colossoma Macropomum)
Ikan bawal saat ini sedang mengalami peningkatan konsumsi, masyarakat semakin banyak yang menyukai ikan bawal. Ikan bawal yang lezat dan gurih mulai banyak digemari oleh masyarakat kita. Disamping itu, rasa daging juga cukup enak dan hampir menyerupai daging ikan Gurami. Bila budidaya ikan bawal air tawar dilakukan dengan benar, ikan bawal air tawar tentunya akan menghasilkan keuntungan yang menggiurkan.

Usaha pembesaran ikan bawal atau budidaya ikan bawal dilakukan dengan maksud supaya didapat ikan ukuran konsumsi atau ukuran yang disenangi oleh konsumen. Budidaya Ikan Bawal Air Tawar bisa  dilakukan di kolam tanah ataupun kolam permanen, baik secara monokultur maupun polikultur.

Budidaya Ikan Bawal Air Tawar cukup menjanjikan dibanding dengan budidaya ikan air tawar lainnya. Ikan Bawal air tawar memiliki beberapa keistimewaan antara lain :

  1. Nafsu makan tinggi dan termasuk pemakan segalanya (OMNIVORA) yang condong lebih banyak makan dedaunan, dengan begitu pakan pelet bisa ditekan.
  2. Pertumbuhan ikan bawal cukup cepat
  3. Daya tahan yang tinggi terhadap kondisi limnologis yang kurang baik
  4. Rasa daging ikan bawal juga cukup enak, hampir menyerupai daging ikan Gurami hingga digemari masyarakat.

 

   

Page 3 of 21

<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>